Home
News Index
Forum
Kirim SMS Gratis!
Search
Download Software
Contact Us

Bookmark and Share







Subcribe RSS Feed
Bisnis IPTV Bakal Kantongi Pendapatan USD 4.5 Miliar
Sunday, 28 September 2008
 Bisnis televisi berbasis protokol internet (IPTV) makin bergairah seiring banyak pemain baru muncul. Pendapatan bisnis ini diramalkan bakal membludak mencapai USD 4.5 miliar. Menurut analisa Gartner, jumlah pelanggan IPTV diperkirakan naik 64 persen menjadi 19,6 juta pada tahun  2008 ini.

Dari sisi pendapatan, naik 93.5 persen dibanding tahun sebelumnya menjadi US$ 4.5 miliar. Pertumbuhan pelanggan terjadi paling banyak di negara Eropa Barat, sedangkan pendapatan terbesar dari  IPTV dipegang Amerika Utara.

Konsumsi IPTV di kalangan rumah tangga juga diprediksi naik pada 2008 ini menjadi 1,1 persen, dan akan terus meningkat menjadi 2,8 persen menjelang 2012.

Bisnis IPTV makin bergeliat sejak 2007 seiring munculnya para pemain baru seperti YouTube, situs jejaring sosial MySpace dan Facebook, serta munculnya beberapa layanan baru oleh broadcaster seperti Hulu dari NBC dan News Corp milik Rupert Murdoch.

Direktur riset Gartner, Elroy Jopling, mengatakan ke depannya para pemain dituntut untuk berinovasi dan melakukan diferensiasi layanan, khususnya di pasar yang telah berkembang.

IPTV menyajikan program-program TV interaktif dengan gambar berkualitas melalui jaringan Internet pitalebar (broadband) yang terkelola dengan baik.

Ragam layanan IP-TV di antaranya Electronic Program Guide, Broadcast/Live TV, Pay Per View, Personal Video Recording, Pause TV, Video on Demand, Music on Demand (Walled Garden), Gaming, Interactive advertisement, dan T-Commerce.
 
< Prev   Next >
Latest News
Most Popular News