Home
News Index
Forum
Kirim SMS Gratis!
Search
Download Software
Contact Us

Bookmark and Share







Subcribe RSS Feed
Main Game Bisa Merusak Otak?
Sunday, 13 January 2008
 Anak-anak seharusnya dilarang memainkan game komputer sampai mereka berusia 7 tahun. Pasalnya, game komputer diklaim bisa menyebabkan menurunnya tingkat perhatian anak sehingga nantinya bisa merusak kemampuan belajar mereka.

Fenomena ini dikemukakan Psikolog Pendidikan Jane Healy dalam konferensi para pakar industri teknologi mengenai perkembangan anak dan teknologi. Konferensi ini berlangsung di ajang pameran Consumer Electronic Show (CES) 2008 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Jane mengemukakan, game komputer hanya mengembangkan bagian otak anak yang mengatur naluri 'berkelahi' atau 'melarikan diri'. Karenanya, Jane mengklaim bahwa main game menyebabkan otak anak tak berkembang sebagaimana seharusnya, bahkan mungkin mengakibatkan semacam gangguan perhatian.

Dia menandaskan, seharusnya para orang tua cukup bijaksana dengan tidak membiarkan anak-anak main game sebelum umur 7 tahun. Hal ini agar otak mereka punya cukup waktu untuk berkembang dengan normal.

Namun dalam konferensi yang sama, Alice Cahn dari perusahaan hiburan anak Cartoon Network berpendapat sebaliknya. Dia mengatakan bahwa teknologi justru membawa manfaat besar bagi anak-anak. (Sumber: detik)
 
< Prev