Home
News Index
Forum
Kirim SMS Gratis!
Search
Download Software
Contact Us

Bookmark and Share







Subcribe RSS Feed
Netter Indonesia Gemar Jejaring Sosial
Saturday, 21 March 2009
 Para peselancar Internet Indonesia ternyata tak hanya untuk urusan serius atau pekerjaan semata. Banyak di antara mereka justru melakukan aktivitas sosial di dunia maya. Hal itu terungkap dari hasil survei perilaku pengguna internet di Indonesia yang dilakukan oleh Yahoo.

Dan TNS Taylor Nelson Sofres di Indonesia. “Berkomunikasi melalui jejaring sosial merupakan alasan kedua teratas bagi pengguna internet di Indonesia,” ujar Suresh Subramaniam, Deputy Managing Director TNS Indonesia, saat memaparkan hasil surveinya di Hotel Le Meridien Jakarta, Jumat 20 Maret 2009.

Kegiatan sosial di dunia maya itu merupakan motivasi paling kuat kedua setelah mencari informasi dan berita. Sementara motivasi ketiga setelah jejaring sosial adalah mencari hiburan di internet. Tak hanya itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa mengunjungi situs jejaring sosial menjadi kegiatan paling populer setelah mengakses e-mail dan menggunakan layanan pesan instan. 

Dari total pemakai internet, 59 persen mengakses e-mail. Sementara pengguna internet yang mengunjungi situs jejaring sosial memiliki persentase yang sama dengan pengguna layanan pesan instan, dengan persentase 58 persen. Selain melakukan kegiatan sosial, pengguna internet yang memakai layanan mesin pencari menduduki urutan keempat (56 persen) dan membaca berita online di urutan kelima (47 persen).

Selain itu, aktivitas blogging juga menjadi kegiatan yang termasuk populer di kalangan netter indonesia. Pasalnya, tak kurang dari 36 persen pengguna internet selalu mengupdate blog mereka. “Lebih dari satu di antara tiga pengguna internet di sini melakukan aktivitas blog,” Suresh menjelaskan.

 

Kegiatan Online Terpopuler Persentase
Menggunakan e-mail 59%
Menggunakan pesan instan 58%
Mengunjungi situs jejaring sosial 58%
membaca berita online 47%
Mengerjakan blog atau situs pribadi 36%
Bermain game online 35%
Mengunggah/mengunduh musik 34%
Membaca berita olahraga 30%
Mengunggah/mengunduh foto 29%
Mencari kerja secara online 20%
Transaksi Online Banking 5%
Membeli produk secara online 3%
  
Tingginya kebutuhan terhadap jejaring sosial, juga ditandai oleh besarnya animo pengguna internet mengunjungi situs-situs jejaring sosial. Buktinya, jejaring sosial Friendster juga menjadi situs ketiga teratas yang dikunjungi pengguna internet Indonesia, setelah situs Google dan yahoo.

Di antara situs sosial, Friendster masih menjadi situs teratas, dengan 92 persen pengguna yang mengunjunginya. Di tempat kedua, situs Google Group mampu mengumpulkan 29 persen dari total pengguna, dan Facebook berada di urutan ketiga dengan 27 persen pangsa pasar.
 
< Prev   Next >
Latest News
Most Popular News