Home
News Index
Forum
Kirim SMS Gratis!
Search
Download Software
Contact Us

Bookmark and Share







Subcribe RSS Feed
Mobil Murah Nano Laku Terjual 40.000 Unit Lebih
Tuesday, 26 May 2009
 Mau tahu, berapa mobil termurah di dunia, Nano, laku terjual dalam dua bulan sejak diluncurkan Maret lalu? Cukup fantastis, yakni 40.600 unit. Jumlah itu didapat dari 203.000 pemesan, 20 persen di antaranya telah memesan mobil tanpa AC seharga 2.600 dollar AS itu.

Selebihnya, sekitar 40 persen memilih mobil yang memiliki fitur tinggi. Ratan Tata, Chairman Tata Motor Ltd, menyewa sekitar 500 insinyur untuk merancang mobil termurah selama 4 tahun. Tata cukup optimistis bahwa para pengendara mobil India dapat berkendara meski tanpa AC.

Para analis menilai, penjualan mobil yang lebih mahal berarti margin yang lebih besar pula bagi Tata. Dengan demikian, Tata tidak perlu melakukan perang harga dengan para kompetitornya, seperti Maruti Suzuki India Ltd.

“Saat ini, tidak ada permintaan untuk mobil tanpa fitur tambahan. Kondisi ini akan memberikan ruang bagi produsen mobil untuk menaikkan lagi harga produknya. Mereka tidak perlu melakukan perang harga dengan menurunkan harga produknya,” ujar Mahantesh Sabarad, Analis Centrum Broking Pvt.

Sementara itu, Toyota Motor Corp dan Renault SA, yang juga berencana untuk menjual mobil dengan harga murah, kemungkinan dapat menaikkan harga produk untuk konsumen di India. Pasalnya, pemasukan warga India sudah meningkat dua kali lipat dalam delapan bulan terakhir.

Kenaikan harga produk akan membuat produsen meningkatkan labanya di India. Kondisi ini sangat berbanding terbalik dengan China bahwa adanya potongan diskon besar-besaran memukul pendapatan di tengah booming penjualan. (kompas)
 
< Prev   Next >
Latest News
Most Popular News