Home
News Index
Forum
Kirim SMS Gratis!
Search
Download Software
Contact Us

Bookmark and Share







Subcribe RSS Feed
Osama Bin Laden Tewas Karena Dikhianati Wakilnya
Saturday, 07 May 2011
 Terkuaknya lokasi persembunyian pemimpin jaringan Al-Qaidah, Osama Bin Laden, setelah lima tahun menetap di Kota Abbottabad, Pakistan, ternyata lantaran dikhianati  oleh wakilnya Ayman al-Zawahiri. Klaim ini dilaporkan surat kabar terbitan Arab Saudi, Al-Watan.

Mengutip seorang sumber, koran itu melaporkan pada Kamis lalu bahwa Zawahiri yang diyakini bakal menggantikan posisi Osama mendesak lelaki 54 tahun itu keluar dari persembunyiannya dalam sebuah gua di Pegunungan Tora Bora, perbatasan Afganistan-Pakistan. Ia meyakinkan Osama untuk membangun sebuah rumah di Abbottabad.

“Faksi Al-Qaidah Mesir secara de facto menjalankan organisasi sekarang dan sejak ia (Osama) sakit pada 2004 mereka berupaya mengambil kewenangan penuh,” tulis Al-Watan Kamis lalu.

Sumber yang tidak disebutkan identitasnya ini mengungkapkan kurir yang ikut tewas dalam serbuan pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat, SEAL, Abu Ahmad al-Kuwaiti, adalah orang kepercayaan Zawahiri. Ia menambahkan Kuwaiti juga tahu ia diikuti oleh CIA (dinas rahasia luar negeri Amerika) dan ia sengaja mengarahkan mereka ke tempat persembunyian Osama.

Osama terbunuh Ahad dini hari lalu di sebuah rumah berlantai tiga. Dua korban tewas lainnya adalah istri dan saudara kandung Kuwaiti. Amerika mengklaim sudah menguburkan jenazah buronan nomor wahid sejak serangan 11 September 2001 itu di wilayah utara Laut Arab dalam hitungan jam setelah ia dibunuh.

Zawahiri bertemu Osama pada pertengahan 1980-an dan sejak itu mereka bersahabat. Para pengamat menggambarkan pria kelahiran Mesir ini merupakan komandan operasi dan strategi Al-Qaidah serta mentor terdekat Osama. (tempo)


Osama bin Laden bersama Ayman al-Zawahri terlihat di sebuah lokasi yang dirahasiakan
dalam siaran televisi gambar pada 7 Oktober 2001. Sejak peristiwan 9/11,
Osama menghilang dan dikabarkan bersembunyi di kawasan pegunungan
antara Afghanistan dan Pakistan. AP/Al Jazeera.


 
< Prev   Next >
Latest News
Most Popular News