Home
News Index
Forum
Kirim SMS Gratis!
Search
Download Software
Contact Us

Bookmark and Share







Subcribe RSS Feed
Toshiba Tablet Bisa Berfungsi Sebagai Televisi
Wednesday, 04 April 2012
 Menonton siaran televisi lewat komputer desktop, laptop, atau ponsel itu sudah lumrah. Namun, nonton siaran televisi kesayangan langsung di komputer tablet  tanpa menggunakan aplikasi khusus, mungkin baru Toshiba AT 330 yang bisa.

Ya, Toshiba AT 330 dapat menangkap siaran televisi langsung layaknya sebuah televisi. Di dalam komputer tablet ini telah dipasangi TV Turner penangkap gelombang, lengkap dengan antena model zaman dahulu.

AT 330 pertama kali muncul dalam acara Consumer Electronics Show di Las Vegas, Amerika Serikat, Januari lalu. Tablet ini juga pernah dipamerkan di ajang Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, akhir Februari lalu.

Sayang, di dua konferensi teknologi tingkat dunia itu, nama Toshiba AT 330 kurang moncer. Barulah pada acara Toshiba World 2012 yang berlangsung di Bonn, Jerman, akhir Maret lalu, banyak mata yang melirik tablet ini.

Dalam pameran di Bonn itu Toshiba menunjukkan bagaimana kinerja tablet berbalut warna hitam tersebut saat dipakai untuk menayangkan siaran dari saluran televisi lokal Jerman.


Selain itu, dilihat dari desain layarnya, Toshiba AT 330 lebih lebar dibanding tablet kebanyakan yang umumnya memiliki bentang layar 7, 8.9, 9.7, dan 10 inci.

Jika masuk ke dalam jajaran komputer tablet, Toshiba AT 330 ini memang memiliki bentuk layar paling lebar, yakni 13,3 inci, persis seperti rentang layar kebanyakan komputer jinjing.

Sebagai tablet yang dapat dipakai untuk menampilkan siaran televisi lokal, Toshiba memberikan sentuhan asli televisi zaman dahulu dengan menancapkan antena di sudut kanan atas. Antena ini bisa ditarik keluar dan dipakai untuk mencari sinyal supaya penerimaan gambar dan suara lebih baik.

Sebagaimana komputer tablet lainnya, Toshiba AT 330 juga memiliki sistem operasi, dukungan prosesor, koneksi Internet, kamera, dan desain yang tipis.

Tablet buatan perusahaan asal Jepang ini mengadopsi sistem operasi Android 4.0 alias Ice Cream Sandwich, prosesor quad-core NVIDIA Tegra 3, dan kapasitas penyimpanan sampai 32 GB.

Resolusi kamera utama yang dibenamkan di tablet ini adalah 5 megapiksel, sedangkan kamera tambahan yang menghadap ke depan 1,3 megapiksel. Toshiba menggunakan layar jenis LCD dengan resolusi 1920 x 1200 piksel yang memungkinkan untuk memutar video atau bermain game full HD.

Soal konektivitas, Toshiba menyediakan port USB, HDMI, slot untuk kartu memori dan SD, audio jack, Wi-Fi, dan Bluetooth. Dengan adanya slot kartu SIM, Wi-Fi, dan TV Turner, maka pengguna tablet ini tak hanya dapat menyaksikan tayangan video streaming, tetapi juga acara dari saluran televisi reguler.

Pada prinsipnya, komputer tablet digunakan sebagai perangkat yang memudahkan orang untuk menikmati layanan setara PC yang mudah dibawa ke mana-mana. Namun dengan layar selebar itu, bisa dipastikan konsumen kesulitan membawanya.

Selain Toshiba, ada tablet serupa yang juga menawarkan kemampuan untuk tersambung dengan tayangan televisi lokal. Namanya Enspert Identity Tab E401.

Sama seperti Toshiba AT 330, tablet selebar 8,9 inci ini dilengkapi dengan T-DMB Digital TV Turner dan menggunakan sistem operasi Android 3.0 atau Honeycomb.

Bedanya, Toshiba bakal menjual tablet televisinya di seluruh dunia, khususnya di wilayah Asia. Adapun Enspert Identity Tab E401 hanya tersedia di Korea. (Tempo)
 
< Prev   Next >
Latest News
Most Popular News