Home
News Index
Forum
Kirim SMS Gratis!
Search
Download Software
Contact Us

Bookmark and Share







Subcribe RSS Feed
Kejayaan Game World of Warcraft Mulai Pudar
Sunday, 15 April 2012
 Tampaknya game online MMORPG mulai memasuki masa depan yang tidak pasti, yang ditandai dengan menurunnya jumlah pemain game tersebut secara signifikan , dari jumlah 12 juta pemain tertinggi pada tahun 2010, dan hingga saat ini hanya tinggal sekitar 10 jutaan.

Berbagai strategi mulai dijalankan oleh Blizzard, mulai dari pemain yang diberikan gratis bermain hingga level 20, dan langganan 1 tahun bermain World of Warcraft (WoW) akan mendapatkan Diablo 3 gratis. Tetapi strategi ini belum bisa mendongkrak kenaikan jumlah pemain secara signifikan.

Harapan Blizzard saat ini terletak pada expansion WoW berikutnya yaitu Mists of Pandaria. Expansion sebelumnya yaitu Wrath of the Lich King dan Cataclysm telah mampu menarik minat pemain untuk terus 'membayar' dan membuat pemain lama untuk 'datang kembali'.


WoW Expansion: Mist of Pandaria

Faktor menurunnya jumlah pemain WoW mungkin disebabkan juga oleh game Star Wars: The Old Republic. Diluncurkan Desember 2011, game tersebut terjual lebih dari 2 juta copy, dengan jumlah 1,7 juta pelanggan tetap yang membayar tiap bulannya hingga sekarang. Memang Old Republik masih jauh ketinggalan bila dibanding jumlah pemain WoW, tapi dari survei yang ada, kebanyakan gamers yang pindah ke Old Republik tadinya bermain game WoW.

Penuruan pemain WoW diprediksi akan terjadi lagi ketika diluncurkan game NCsoft's, Guild Wars 2. Game buatan mantan programmer Blizzard yang membuat Diablo, merupakan salah satu game yang dinanti-nanti oleh pemain setianya. Hal ini dibuktikan dengan pendaftaran 1 juta pemain untuk testing game Guild Wars 2, hanya dalam 48 jam saja.

Belum lagi game Diablo 3 yang rencananya akan dirilis bulan Mei ini bisa menambah 'luka' buat WoW, dimana kemungkinan besar penggemar game Blizzard beralih untuk memainkan game ini. Mungkin strategi yang tepat bagi Blizzard untuk mempertahankan pemain atau mungkin menambah jumlah pemain adalah membuat biaya langganan game ini semurah mungkin, masuk ke negara yang belum ada server WoW seperti Indoneisa, atau bahkan gratis hingga level 60?

Bagaimana menurut Anda?
 
< Prev   Next >
Latest News
Most Popular News