Home
News Index
Forum
Kirim SMS Gratis!
Search
Download Software
Contact Us

Bookmark and Share







Subcribe RSS Feed
Microsoft Patenkan Kacamata Pintar Pendeteksi Emosi
Wednesday, 06 May 2015
 Microsoft berhasil mendapatkan paten untuk kacamata pintar yang dapat digunakan untuk mendeteksi emosi orang. Perusahaan piranti lunak asal Amerika tersebut diketahui telah mengajukan paten  kacamata pintar pendeteksi emosi itu sejak 2012.

Paten untuk kacamata pintar Microsoft yang diberi nama "a wearable emotion detection feedback system" itu disetujui oleh pihak kantor paten di Amerika Serikat. "Microsoft secara teratur menerima paten sebagai bagian dari praktik bisnis, tidak semua paten yang diajukan atau diterima akan dimasukkan ke dalam produk Microsoft," ujar seorang juru bicara Microsoft kepada Wall Street Journal.

Kacamata pintar Microsoft nantinya akan mampu menganalisis individu atau kelompok tanpa diketahui orang yang bersangkutan. Sensor pada perangkat wearable itu dapat mengukur perubahan suhu tubuh subjek atau mengambil informasi audio.

Sensor pada kacamata pintar Microsoft tersebut berupa kamera dan mikrofon yang dipasang di bagian frame pembatas hidung dan berfungsi mengambil audio serta informasi visual dari subjek. Sensor tersebut mampu mendeteksi hal-hal spesifik seperti variasi halus dalam ritme berbicara dan amplitudo, pilihan kata, jenis, kecepatan gerakan, serta fokus mata dan postur tubuh.


Semua informasi tersebut akan diolah oleh database Microsoft untuk kemudian disampaikan kepada pengguna. Penentuan situasi emosional dari orang yang dijadikan subjek akan disampaikan kembali ke pengguna melalui kacamata.

Masih menurut paten tersebut, emosi seseorang yang dideteksi melalui kacamata pintar microsoft dapat dilihat dari berbagai gesture yang dilakukan oleh subjek.

“Misalnya jika subjek bermain dengan rambutnya saat sedang berkencan dan perilaku tersebut menunjukkan keramahan atau ketertarikan, namun makna berbeda jika perilaku serupa terjadi dalam situasi pertemuan bisnis, yang menunjukkan kebosanan," tulis paten tersebut.


 
< Prev   Next >
Latest News
Most Popular News