Home
News Index
Forum
Kirim SMS Gratis!
Search
Download Software
Contact Us

Bookmark and Share







Subcribe RSS Feed
Komputer Raspberry Pi Zero Dijual Hanya Rp 68 Ribu
Saturday, 28 November 2015
 Ketika Raspberry Pi tiba pertama kali pada 2012, itu menjadi revolusioner bukan karena daya komputasinya, melainkan karena PC seukuran kartu kredit. Kini Raspberry Pi Foundation Inggris  mengeluarkan Rapsberry Pi Zero, model yang lebih kecil dengan harga murah.

Layaknya keluarga Pi, Pi Zero tidak memiliki keyboard, screen, mouse atau bahkan case. Bagaimanapun, Pi Zero berfungsi penuh sebagai komputer, yang terdiri dari papan prosesor Broadcom BCM2835 berkecepatan 1 GHz, RAM 512 MB, slot microSD, slot mini-HDMI dan dua slot microUSB, satu untuk transfer data dan satu lagi untuk power.

Dengan begitu, artinya Pi Zero memiliki kemampuan selangkah lebih maju dari Pi pertama, yang hanya memiliki prosesor 700 MHz dan RAM 256 MB. Akan tetapi Pi Zero tetap berada di belakang Pi 2 Model B yang akan dikeluarkan pada Februari 2015. Hal itu lantaran, Pi 2 Model B memiliki prosesor quad-core 900 MHz dan RAM 1 GB.

Komputer yang menjadi keluarga Pi terkecil ini memiliki hal menarik yakni harga yang menyertainya. Pi Zero ditaksir mencapai USD5 atau sekira Rp68 ribu, lebih murah USD20 dibandingkan dengan P1 pertama yang dibanderol USD25 atau sekira Rp343 ribu.

Bicara mengenai software, Pi Zero berjalan pada basis Linux OS Raspbian dan aplikasi seperti Scratch, Minecraft, dan Sonic Pi.


 
< Prev   Next >
Latest News
Most Popular News